5 Cara Cegah Kantong Bolong Saat Rayakan Natal dan Tahun Baru

Starbet99 – Jakarta – Libur Natal yang disusul dengan Tahun Baru menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian besar keluarga. Libur tersebut menjadi ajang bertemu dan berbagi dengan orang lain. Momen yang cukup menyenangkan. Namun, bagi sebagian orang bisa jadi momen stres karena biasanya saat libur Natal dan Tahun Baru justru banyak pengeluaran.

Sebenarnya, stres semacam ini bisa diantisipasi sejak jauh hari-hari kalau mempersiapkan budget khusus untuk Natal dan liburan.
Budget ini membantu Anda untuk belanja sesuai dengan kemampuan.

Bagi Anda yang tidak mempersiapkan budget pun tetap bisa menikmati Natal dan liburan akhir tahun secara hemat. Berikut ini caranya, seperti dikutip dari FastBetGroup, Pada Minggu (18/12/2016)

mlm-sb

Membuat daftar orang yang diberi hadiah

Supaya dompet tidak jebol, buat daftar orang-orang yang akan diberi hadiah Natal. Selanjutnya, tentukan harga maksimal hadiah untuk setiap orang.

Kreatif

Keinginan untuk memberi hadiah Natal bagi banyak orang pasti ada. Tapi bagaimana kalau budget tidak mencukupi? Jawabannya bikin saja hadiah Natal sendiri. Terkadang hadiah buatan sendiri lebih berarti. Misalnya album foto, scrapbook, sweter rajutan sendiri terasa lebih berkesan di hati.

Tidak harus berupa hadiah, Anda juga bisa memberikan ‘pengalaman’. Misalnya membiayai kelas memasak, bahasa, dan lain sebagainya. Tentu saja kalau Anda punya budget untuk ini.

Belanja sendiri

Belanja sendirian membuat Anda berhemat banyak. Anda cukup membawa daftar belanja beserta uang tunai seperlunya. Tapi jika membawa anak atau pasangan, siap-siap saja keranjang belanja jadi penuh dengan barang-barang yang tidak dibutuhkan.

Tinggalkan ‘uang plastik’ di rumah

Ketika meninggalkan rumah untuk mencari hadiah Natal, tinggalkan kartu kredit dan kartu debit Anda di rumah dan bawa uang tunai sesuai budget yang telah dibuat. Dengan hanya membawa uang tunai, Anda akan termotivasi untuk mencari hadiah terbaik dengan harga miring.

Menjelang Natal dan tahun baru, Anda pun tetap bisa bersenang-senang dengan membeli hadiah untuk diri sendiri. Kuncinya adalah dengan membuat rencana anggaran. Anda tidak ingin terjebak utang di awal tahun bukan?

Ingat Natal adalah tentang memberi bukan membeli

Membeli barang baru, terutama di saat Christmas Sale atau diskon akhir tahun memang menggoda. Tapi tahan keinginan ini dan fokus pada memberi untuk orang lain. Ini akan membantu Anda terhindar dari pemborosan.

Kalau Anda berpikir, “Tapi sayang kan kalau tidak dibeli? Kapan lagi bisa dapat harga murah?” Tenang saja, diskon akan selalu ada sepanjang tahun. Mulai dari diskon Imlek, diskon Lebaran, clearance sale rutin, dan lain-lain. Jadi jangan khawatir.

Facebook Comments
DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR Agen Judi Online