Nggak Nyangka! Studi Membuktikan, Justru Tidur Adalah Cara Manjur Buat Mengatasi Fobia. Walah, Kok Simpel Banget Gitu Ya?

Fastbet99 – Apa kamu termasuk salah satu orang yang punya fobia tertentu sob? Rasa takut atau fobia merupakan salah satu hal yang susah disembuhin di diri manusia. Sekarang ini emang udah ada beberapa cara kayak hipnoterapi yang biasa dilakuin buat nyembuhin rasa takut atau fobia itu. Tapi nih sob, justru penelitian terbaru mengungkap kalo sebenarnya rasa takut itu juga bisa disembuhin lewat cara yang sederhana banget. Yaitu tidur! Kok bisa sih?

Jadi gini nih sob, menurut Live Science, hasil ini ditemuin sehabis para peneliti mengamati 15 orang yang punya ketakutan tertentu pada gambar. Peneliti awalnya memperlihatin gambar yang mereka takuti sambil ngasih kejutan listrik kecil dan ngasih bau-bau tertentu. Hal ini dimaksudin biar para partisipan mengasosiasiin bau itu sama ketakutan yang mereka miliki.

Habis itu, partisipan langsung deh diminta buat tidur. Iya sob, bobok cakep. Nah, waktu tidur, mereka dikasih bau yang memicu ingatan sama hal yang mereka takuti. Tapi bedanya peneliti nggak ngasih kejutan listrik. Sehabis bangun dari bobok cakep mereka, ternyata ketakutan partisipan pada gambar dan bau itu perlahan menghilang! Meski mereka nggak tahu kalo mereka mencium bau itu waktu lagi tidur.

Nggak cuma berhenti sampai situ aja. Eksperimen ini diulang dalam kondisi yang berbeda, termasuk waktu partisipan nggak tidur. Tapi ternyata hasilnya beda sama waktu mereka tidur. Penelitian yang dipublikasiin di jurnal Nature Neuroscience ini ngejelasin kalo waktu tidur, seseorang kemungkinan mengalami tingkat kesadaran tertentu sehingga terapi bisa langsung berkaitan sama memori tentang rasa takut itu.

Oh ya, peneliti juga ngejelasin kalo waktu tidur, aktivitas otak lebih aktif dalam hal ingatan dan juga pembelajaran, terutama ingatan yang berkaitan sama emosi. Ingatan jangka pendek yang belum tertanam kuat bakal lebih gampang buat dimodifikasi. Di studi ini, peneliti juga mencoba ngehilangin bau waktu partisipan tertidur. Dan nyatanya efeknya beda dibandingin sama waktu partisipan mencium bau yang berkaitan sama ketakutan mereka.

Facebook Comments
DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR Agen Judi Online