Duterte Berhenti Kritik AS demi Bantuan Lawan ISIS Marawi

Duniabola99.org – Presiden Filipina Rodrigo Duterte yang biasanya melontarkan kritik tajam kepada Amerika Serikat kini berbalik memuji demi mendapatkan bantuan dalam melawan militan pro ISIS di wilayahnya.

“Banyak faktor yang terlibat. Namun, saya lebih memilih bersikap baik kepada mereka sekarang,” kata Duterte di hadapan warga Balangiga, menurut transkrip resmi yang dikutip AFP, Jumat (29/9).

Para militan mengibarkan bendera-bendera ISIS di Marawi yang dikuasai sejak 23 Mei lalu. Mereka sudah bertempur melawan pasukan yang didukung AS selama lebih dari empat bulan.

Amerika mengerahkan pesawat pengintai P-3 Orion dan menyediakan masukan intelijen bagi pasukan Filipina yang berupaya merebut kembali kota di dalam pertempuran yang telah menewaskan lebih dari 900 orang.

“Saya tidak mengatakan mereka adalah juru selamat kita, tapi mereka adalah sekutu kita dan mereka membantu kita. Dan bagkan hari ini, mereka telah menyediakan peralatan krusial untuk pasukan kami di Marawi.

“Jadi, tanpa bantuan mereka, kami akan mengalami kesulitan,” ujarnya. “Jadi kami berterima kasih.”

Duterte mengawali masa jabatan enam tahunnya dengan banyak caci maki terhadap Amerika Serikat sementara membawa negeri memperkuat hubungan dagang daninvestasi dari China.

Saat itu, Duterte mengatakan dirinya sangat marah ketika Presiden AS Barack Obama mengkritisi operasi penumpasan narkotik yang kini telah menewaskan 3.850 orang.

Dia juga mengecam pmerintah AS atas kolonisasi berdarah AS di Filipina pada era 1990-an.

“Tapi ini semua sudah berlalu,” kata Duterte yang juga menyinggung pengusiran Jepang oleh sekutu AS di Perang Dunia II.

Facebook Comments
DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR Agen Judi Online